Sabtu, 22 Agustus 2015

Raja Ampat Yang Sangat Menawan



Terkaya Habitat Laut di Dunia
Raja Ampat, atau "Empat Raja," kepulauan meliputi lebih dari 9,8 juta are tanah dan laut dari ujung barat laut Provinsi Papua Barat Indonesia. Terletak di Segitiga Karang, jantung keanekaragaman hayati terumbu karang dunia, laut sekitar Raja Ampat mungkin memegang berbagai spesies terkaya di dunia.

http://anyar.info/

Koloni karang besar di wilayah itu menunjukkan bahwa terumbu yang tahan terhadap ancaman seperti pemutihan karang dan penyakit-ancaman yang kini sangat membahayakan kelangsungan hidup terumbu karang di seluruh dunia. Selain itu, arus laut yang kuat Raja Ampat menyapu larva karang di Samudra Hindia dan Pasifik ke ekosistem karang lainnya. Keragaman Raja Ampat karang, ketahanan terhadap ancaman, dan kemampuan untuk mengisi terumbu membuatnya menjadi prioritas global untuk perlindungan laut.

Survey Membuktikan Keragaman Hayati Tertinggi di Bumi

Pada tahun 2002, The Nature Conservancy dan mitranya melakukan survei ilmiah Kepulauan Raja Ampat untuk mengumpulkan informasi tentang ekosistem laut, hutan bakau, dan hutan. Survei membawa Jumlah Raja Ampat karang dipastikan 537 spesies yang luar biasa 75% dari semua spesies karang yang dikenal. Selain itu, 899 spesies ikan tercatat, menaikkan total dikenal Raja Ampat untuk 1.074 menakjubkan. Di darat, survei menemukan hutan subur, tanaman langka, batuan kapur dan bersarang beachesfor ribuan kura-kura laut.

Meskipun dampak manusia di sini kurang parah daripada di tempat lain di Indonesia, sumber daya alam Raja Ampat yang terancam oleh lebih dari memancing dan penangkapan ikan yang merusak, pencurian penyu, dan penebangan yang tidak lestari. Pemerintah Indonesia baru-baru ini didirikan Raja Ampat sebagai unit administratif yang terpisah, yang akan memberikan masyarakat suara lebih besar dalam mengelola sumber daya alam yang di atasnya mata pencaharian mereka bergantung. Struktur ini juga menawarkan kesempatan penting untuk memasukkan konservasi dalam perencanaan tata ruang dari pemerintah daerah yang baru dibentuk.

Memastikan Konservasi melalui Kemitraan

Untuk mengatasi masalah ini, TNC meluncurkan sebuah proyek baru untuk melindungi Raja Ampat, bekerja dalam kemitraan erat dengan pemerintah dan masyarakat untuk: 1) berkontribusi rencana aksi konservasi komprehensif untuk melindungi terumbu karang dan hutan Raja Ampat; 2) membantu memasukkan perlindungan laut pengelolaan kawasan ke dalam perencanaan dan kebijakan jangka panjang; dan, 3) membangun jaringan kawasan perlindungan laut Raja Ampat.

Tujuan utama TNC adalah untuk melindungi terumbu karang megah Raja Ampat sementara mempertahankan mata pencaharian masyarakat setempat. Raja Ampat mencakup empat pulau besar Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool, ditambah ratusan pulau-pulau kecil. Kepulauan ini merupakan bagian dari daerah yang dikenal sebagai Burung laut Kepala, yang juga mengandung Cenderawasih Bay, yang taman nasional laut terbesar di Indonesia.

Sumber : Tempat Wisata Di Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar